Cari
English Version

DETAIL ARTIKEL
 

HIPOGLIKEMIA
oleh : Redaksi [ 2008-06-09 04:16:33 ]

Gejala hipoglikemia yang sering terjadi adalah sering merasa ngantuk,lemas,dan sering sakit kepala. Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

Hipoglikemia adalah suatu keadaan dimana kadar gula darah hingga dibawah 60 mg/dl. Padahal kinerja tubuh,terutam otak dan sistem syaraf,membutuhkan glukosa dalam darah yang berasal dari makanan berkarbohidrat dalam kadar yang cukup. Kadar gula darah normal adalah 80-120 mg/dl pada kondisi puasa,100-180 mg/dl pada kondisi setelah makan

 

Otak memerlukan gula darah sebagai energi karena dalam metabolisme,tubuh kita dapat nenggunakan bermacam-macam sumber energi,misalnya lemak. Sedangkan sel-sel otak hanya dapat menggunakan sumber energi yang berasal dari karbohidratyang berupa glukosa. Oleh sebab itu,jika kada gula darah terlalu rendah,mak organ pertama yang terkena dampaknya adalah beserta sisten saraf pusat.

 

Faktor-faktor penyebab hipoglikemia adalah:

    1.Pelepasan insulin yang berlebihan oleh pankreas sehingga menurunkan kadar gula       2.darah secara cepat

    3.Dosis insulin terlalu tinggi yang diberikan kepada penderita diabetes untuk                                          menurunkan     kadar gula darahnya.

    4.Kelainan pada kelenjar hipofisa atau kelenjar adrenal

    5.Kelainan pada penyimpanan karbohidrat atau pembentukan glukosa di hati

 

GEJALANYA TIDAK MUDAH DIDETEKSI

Gejalanya memang tidak mudah dikenali karena hampir sama dengan gejala penyakit lain,seperti diabetes dan kekurangan darah (anemia).Gejala-gejala hipoglikemia antara laingelisah, gemetar,banyak berkeringat,lapar,pucat,sering menguap karena maerasa ngantuk,lemas ,sakit kepala,jantung berdeba-debar,rasa kesemutanpada lidah,jari-jari tangan dan bibir,penglihatan kabur atau ganda serta tidak dapat berkonsentrasi.

 

Hipoglikemia dapat menyebabkan penderita mendadak pingsan dan harus segera dibawa ke rumah sakituntuk mendapatkan suntikan sertainfus glukosa. Jika dibiarkan terlalu lama,penderita akan kejang-kejangdan kesadaran menurun.Apabila terlambat mendapatkan pertolongan dapat mengakibatkan kematian.

 

Hipoglikemia berbahaya dibandingkan kelebihan kadar gula darah(hiperglikemia)karena kadar gula darah yang terlalu rendah selam lebih dari enam jam dapat menyebabkan kerusakan tak terpulihkan(irreversible) pada jaringan otak  dan saraf. Tidak jarang hal ini menyebabkan kemunduran kemampuan otak.

 

BERESIKO BAGI PENDERITA DIABETES DAN ANAK-ANAK

 

    Dari banyak kasus yang terjadi,hipoglikemia sering dialami oleh para penderita diabetes melitus(diabetes) akibat penggunaan obat antidiabetes yang dosisnya terlalu tinggi.Selain itu banyak juga dialami oleh diabetesi yang salah dalam menerapkan diet kalori dan gula.Mereka sembarangan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung zat gula sehingga lupa bahwa tubuh juga tetap memerlukan zat gula. Kegiatan fisik yang berlebihan tanpa diimbangi dengan asupan glukosa yang cukup acap kali juga mengyebabkan keadaan hipoglikemia Hipoglikemia jika menyerang anak-anak sangat beresiko dan memiliki dampak yang buruk terhadap spatial memory (daya ingat ruang dan jarak).Dalam penelitian yang dilakukan dr. Tamara Hershey dari Universitas Kedokteran St.Louis,Missouri-Amerika,disimpulkan bahwa kondisi otak pada anak-anak yang berusia balita lebih mudah diserang hipoglikemia dibanding pada anak yang  lebih dewasa.

 

KESADARAN MENGONTROL GULA DARAH

 

Hipoglikemia memang  kurang disadari oleh masyarakat  luas yang lebih mengenal penyakit diabetes sebagai akibat tingginya kadar gula darah(hiperglikemia).Padahal,hipoglikemia menjadi akibat yang paling sering terjadi jika penderita diabetes tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai diet rendah gula  yang benar.kadar gula darah yang dibutuhkan oleh tubuh haruslah seimbang tidak terlalu tinggi atau rendah.Cara yang paling mudah untuk  mengetahui kadar gula darah dalam tubuh dengan cara mengecek kadar gula secara rutin.Yang dapat dilakukan di pusat pelayanan kesehatan seperti laboratorium klinik,.Puskesmas,Rumah Sakit .

 

Untuk menjaga agar kadar gula selalu normal,perhatikan pola makan ,olah raga ringan  secara teratur untuk membantu pembakaran glukosa menjadi nergi dan merangsang produksi insulin,hindarkan stress atau gangguan emosional lainnya dan disiplin minum obat sesuai anjuran dokter. Bagi yang jelas terkena hipoglikemia dapat menaikkan kembali kadar gula darahnya dengan mengonsumsi gula (dalam bentuk permen atau tablet glukosa),jus buah,air gula,atau segelas susu.Atau bisa juga mengkonsumsi HD Clover Honey.Madu ini mengandung fruktosa dan glukosa alami yang mudah diubah menjadi energi oleh tubuh. Kandungan fruktosanya bisa menjadi sumber energi dan aman bagi penderita diabetes sehingga tetap dapat diet tanpa terkena resiko hipoglikemia.

 

Tingi rendahnya kadar gula sangat mempengaruhi kesehatan kita.Banyak komplikasi penyakit yang berasal dari tidak terkontrolnya kadar gula darah.Oleh sebab itu periksa secara rutin dan tanamkan pola hidup sehat adalah kunci menghindari berbagai penyakit.